Contoh soal kd 3.8 bahasa inggris kelas 7 semester 2

Memahami Materi Bahasa Inggris Kelas 7

Pendahuluan

Kurikulum Merdeka, yang diterapkan di jenjang SMP, menempatkan standar kompetensi yang jelas bagi setiap mata pelajaran. Untuk Bahasa Inggris kelas 7 semester 2, salah satu kompetensi inti yang perlu dikuasai siswa adalah KD 3.8. Kompetensi ini umumnya berfokus pada pemahaman teks deskriptif sederhana, baik lisan maupun tulisan, yang berkaitan dengan orang, benda, atau tempat. Menguasai KD 3.8 merupakan fondasi penting bagi siswa untuk dapat berkomunikasi dan memahami informasi dalam Bahasa Inggris. Artikel ini akan mengulas secara mendalam contoh-contoh soal yang relevan dengan KD 3.8, disertai dengan penjelasan dan strategi menjawab, agar siswa kelas 7 dapat mempersiapkan diri dengan optimal.

Contoh soal kd 3.8 bahasa inggris kelas 7 semester 2

Outline Artikel:

  1. Pengantar KD 3.8

    • Apa itu KD 3.8?
    • Tujuan Pembelajaran KD 3.8
    • Jenis Teks yang Dicakup (Teks Deskriptif)
    • Struktur Teks Deskriptif Sederhana
  2. Contoh Soal KD 3.8 (Bagian 1: Pemahaman Bacaan)

    • Soal 1: Deskripsi Orang (Ciri Fisik, Sifat)
    • Soal 2: Deskripsi Benda (Fungsi, Bentuk, Warna)
    • Soal 3: Deskripsi Tempat (Lokasi, Fitur Utama)
    • Strategi Menjawab Soal Pemahaman Bacaan
  3. Contoh Soal KD 3.8 (Bagian 2: Pemahaman Lisan – Implisit dalam Bentuk Soal)

    • Soal 4: Mendengarkan Deskripsi dan Menentukan Objek
    • Soal 5: Mendengarkan Deskripsi dan Menentukan Lokasi
    • Strategi Menjawab Soal Pemahaman Lisan (Simulasi)
  4. Contoh Soal KD 3.8 (Bagian 3: Aplikasi dan Penerapan)

    • Soal 6: Melengkapi Teks Deskriptif yang Rumpang
    • Soal 7: Menyusun Kalimat Deskriptif Sederhana
    • Strategi Menjawab Soal Aplikasi
  5. Tips Belajar Efektif untuk KD 3.8

    • Membaca Teks Deskriptif Secara Rutin
    • Memperkaya Kosakata (Vocabulary)
    • Memahami Struktur Kalimat (Simple Present Tense)
    • Latihan Soal Berulang
  6. Penutup

    • Pentingnya Penguasaan KD 3.8
    • Dorongan untuk Terus Berlatih

>

1. Pengantar KD 3.8

Kompetensi Dasar (KD) 3.8 pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 7 semester 2 secara umum berorientasi pada kemampuan siswa untuk memahami dan mengidentifikasi informasi dari teks deskriptif. Teks deskriptif adalah jenis teks yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan sesuatu secara rinci. Objek yang dideskripsikan bisa berupa orang (misalnya, teman, anggota keluarga, tokoh idola), benda (misalnya, hewan peliharaan, mainan favorit, alat tulis), atau tempat (misalnya, rumah, sekolah, taman bermain).

Tujuan Pembelajaran KD 3.8 mencakup:

  • Mengidentifikasi ciri-ciri fisik, sifat, atau karakteristik dari orang, benda, atau tempat yang dijelaskan dalam teks.
  • Memahami fungsi, bentuk, warna, ukuran, atau detail lain dari benda yang dideskripsikan.
  • Mengetahui lokasi, fitur utama, atau suasana dari tempat yang dijelaskan.
  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan spesifik terkait informasi yang terdapat dalam teks deskriptif.

Jenis Teks yang Dicakup adalah teks deskriptif yang bersifat sederhana dan lugas, menggunakan kosakata yang umum dikenal oleh siswa kelas 7. Teks ini biasanya menggunakan struktur kalimat dasar dan tenses yang tidak kompleks, seperti Simple Present Tense.

Struktur Teks Deskriptif Sederhana umumnya terdiri dari dua bagian utama:

  • Identification (Identifikasi): Paragraf pembuka yang memperkenalkan objek yang akan dideskripsikan.
  • Description (Deskripsi): Paragraf-paragraf selanjutnya yang memberikan detail-detail spesifik mengenai objek tersebut, seperti ciri fisik, sifat, fungsi, atau karakteristik lainnya.

>

2. Contoh Soal KD 3.8 (Bagian 1: Pemahaman Bacaan)

Bagian ini akan menyajikan contoh soal yang menguji kemampuan siswa dalam memahami teks deskriptif tertulis.

Soal 1: Deskripsi Orang

See also  Bank Soal Seni Budaya Kelas X Semester 1

Bacalah teks berikut dengan saksama!

"My best friend is named Rina. She is a tall girl with long, black hair. She has bright, brown eyes that always sparkle when she smiles. Rina is a very kind and cheerful person. She loves to help her friends and always makes us laugh. Her favorite hobby is drawing. She can draw beautiful pictures of animals and nature."

  1. What is Rina’s hair like?
    a. Short and blonde
    b. Long and black
    c. Curly and brown
    d. Straight and red

  2. How is Rina described as a person?
    a. Shy and quiet
    b. Mean and sad
    c. Kind and cheerful
    d. Lazy and grumpy

  3. What is Rina’s favorite hobby?
    a. Singing
    b. Dancing
    c. Reading
    d. Drawing

Penjelasan Soal 1:
Soal ini menguji pemahaman siswa terhadap deskripsi fisik dan sifat seseorang. Siswa diminta untuk mencari informasi spesifik dalam teks.

  • Jawaban untuk nomor 1 adalah b. Long and black, yang secara eksplisit disebutkan dalam kalimat "She is a tall girl with long, black hair."
  • Jawaban untuk nomor 2 adalah c. Kind and cheerful, sesuai dengan kalimat "Rina is a very kind and cheerful person."
  • Jawaban untuk nomor 3 adalah d. Drawing, berdasarkan kalimat "Her favorite hobby is drawing."

Soal 2: Deskripsi Benda

Bacalah teks berikut dengan saksama!

"I have a new toy. It is a robot. The robot is blue and silver. It has two big eyes and two strong arms. When I press a button on its back, it can walk and talk. It says, ‘Hello, I am your friend!’ I really like my robot because it is fun to play with."

  1. What color is the robot?
    a. Red and white
    b. Blue and silver
    c. Green and yellow
    d. Black and gold

  2. What can the robot do?
    a. Fly and sing
    b. Swim and jump
    c. Walk and talk
    d. Read and write

  3. Where is the button to make the robot move and talk?
    a. On its head
    b. On its chest
    c. On its back
    d. On its legs

Penjelasan Soal 2:
Soal ini menguji pemahaman tentang deskripsi benda, termasuk warna, fitur, dan fungsinya.

  • Jawaban untuk nomor 1 adalah b. Blue and silver, sesuai dengan kalimat "The robot is blue and silver."
  • Jawaban untuk nomor 2 adalah c. Walk and talk, seperti yang dijelaskan dalam kalimat "When I press a button on its back, it can walk and talk."
  • Jawaban untuk nomor 3 adalah c. On its back, disebutkan dalam kalimat yang sama dengan nomor 2.

Soal 3: Deskripsi Tempat

Bacalah teks berikut dengan saksama!

"My school is a big building. It has a green field in front of it. There are many classrooms, a library, and a science laboratory. The library is full of books, and the laboratory has many scientific tools. The schoolyard is a place where students play during recess. It is a nice place to learn and have fun."

  1. What color is the field in front of the school?
    a. Yellow
    b. Blue
    c. Green
    d. Red

  2. What is one of the rooms in the school that is full of books?
    a. Science laboratory
    b. Classroom
    c. Library
    d. Canteen

  3. Where do students play during recess?
    a. In the classrooms
    b. In the library
    c. In the schoolyard
    d. In the laboratory

See also  Contoh soal uts matematika kelas 3

Penjelasan Soal 3:
Soal ini berfokus pada deskripsi tempat, menguji kemampuan siswa untuk mengidentifikasi fitur dan lokasi.

  • Jawaban untuk nomor 1 adalah c. Green, dari kalimat "It has a green field in front of it."
  • Jawaban untuk nomor 2 adalah c. Library, seperti yang dijelaskan dalam kalimat "The library is full of books."
  • Jawaban untuk nomor 3 adalah c. In the schoolyard, berdasarkan kalimat "The schoolyard is a place where students play during recess."

Strategi Menjawab Soal Pemahaman Bacaan:

  • Baca Judul (jika ada): Judul seringkali memberikan gambaran umum tentang topik teks.
  • Baca Keseluruhan Teks Sekali: Dapatkan pemahaman umum tentang apa yang dibicarakan.
  • Baca Pertanyaan: Pahami apa yang diminta oleh setiap pertanyaan.
  • Kembali ke Teks: Cari kata kunci dari pertanyaan dalam teks dan baca kalimat di sekitarnya untuk menemukan jawaban.
  • Perhatikan Detail: Ciri fisik, warna, ukuran, fungsi, dan lokasi adalah detail penting dalam teks deskriptif.
  • Eliminasi Pilihan Ganda: Jika ragu, coba eliminasi pilihan jawaban yang jelas-jelas salah.

>

3. Contoh Soal KD 3.8 (Bagian 2: Pemahaman Lisan – Implisit dalam Bentuk Soal)

Meskipun tidak ada audio yang disajikan dalam format teks, soal-soal berikut mensimulasikan bagaimana pemahaman lisan dapat diuji. Siswa akan membaca deskripsi yang seharusnya didengarkan.

Soal 4: Mendengarkan Deskripsi dan Menentukan Objek

(Bayangkan Anda mendengar deskripsi berikut dari guru Anda)

"Listen carefully. I am describing something. It is an animal. It has four legs, a tail, and it likes to bark. It is known as ‘man’s best friend’. What is it?"

  1. What animal is being described?
    a. Cat
    b. Bird
    c. Dog
    d. Fish

Penjelasan Soal 4:
Soal ini mensimulasikan pemahaman lisan. Kata kunci seperti "four legs", "tail", "bark", dan "man’s best friend" secara jelas mengarah pada jawaban c. Dog.

Soal 5: Mendengarkan Deskripsi dan Menentukan Lokasi

(Bayangkan Anda mendengar deskripsi berikut dari guru Anda)

"Now, listen to the description of a place. It is a large building where students go to learn. It has classrooms, a library, and a playground. Where is this place?"

  1. What place is being described?
    a. Hospital
    b. Supermarket
    c. School
    d. Park

Penjelasan Soal 5:
Kata kunci "building where students go to learn", "classrooms", "library", dan "playground" menunjuk pada jawaban c. School.

Strategi Menjawab Soal Pemahaman Lisan (Simulasi):

  • Fokus: Dengarkan dengan saksama setiap kata yang diucapkan.
  • Tangkap Kata Kunci: Identifikasi kata-kata penting yang menggambarkan objek, orang, atau tempat.
  • Hubungkan dengan Pengetahuan: Gunakan pengetahuan Anda tentang kosakata Bahasa Inggris untuk memahami deskripsi.
  • Perhatikan Nada dan Konteks: Terkadang nada suara atau konteks percakapan dapat memberikan petunjuk tambahan.

>

4. Contoh Soal KD 3.8 (Bagian 3: Aplikasi dan Penerapan)

Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk menerapkan pemahaman mereka tentang teks deskriptif.

Soal 6: Melengkapi Teks Deskriptif yang Rumpang

Isilah bagian yang kosong dengan kata yang tepat!

See also  Bank Soal Semester 1 Kelas 6 Kurikulum 2013

"My classroom is very comfortable. It has __ windows that let in fresh air. There are twenty tables and chairs for the students. In the front, there is a white __ where the teacher writes. The walls are painted light blue. I like my classroom very much."

  1. Fill in the first blank:
    a. big
    b. small
    c. many
    d. few

  2. Fill in the second blank:
    a. table
    b. board
    c. door
    d. shelf

Penjelasan Soal 6:

  • Untuk mengisi kekosongan pertama, kata yang paling masuk akal untuk mendeskripsikan jumlah jendela adalah c. many. Teks sebelumnya menyebutkan "twenty tables and chairs", menunjukkan bahwa kelas tersebut cukup besar.
  • Untuk mengisi kekosongan kedua, benda yang digunakan guru untuk menulis di depan kelas adalah b. board.

Soal 7: Menyusun Kalimat Deskriptif Sederhana

Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat deskriptif yang benar!

  1. is / My / pet / a / cat / cute

    >

  2. has / It / fur / soft / white

    >

Penjelasan Soal 7:

  • Susunan kalimat yang benar untuk nomor 1 adalah: My pet is a cute cat.
  • Susunan kalimat yang benar untuk nomor 2 adalah: It has soft white fur.

Strategi Menjawab Soal Aplikasi:

  • Pahami Konteks: Baca kalimat atau teks di sekitarnya untuk memahami makna yang dibutuhkan.
  • Gunakan Kosakata yang Tepat: Pilih kata yang paling sesuai dengan makna dan deskripsi.
  • Perhatikan Struktur Kalimat: Pastikan kalimat yang disusun memiliki subjek, predikat, dan objek yang benar, serta urutan kata yang logis.
  • Terapkan Aturan Tata Bahasa: Gunakan Simple Present Tense dengan benar.

>

5. Tips Belajar Efektif untuk KD 3.8

Untuk menguasai KD 3.8 dengan baik, siswa dapat menerapkan beberapa strategi belajar berikut:

  • Membaca Teks Deskriptif Secara Rutin: Biasakan diri membaca artikel, cerita pendek, atau deskripsi benda/tempat dalam Bahasa Inggris. Semakin banyak membaca, semakin terbiasa dengan kosakata dan struktur kalimat yang digunakan.
  • Memperkaya Kosakata (Vocabulary): Buatlah daftar kosakata baru yang Anda temui saat membaca teks deskriptif. Pelajari artinya dan coba gunakan dalam kalimat Anda sendiri. Fokus pada kosakata yang berkaitan dengan ciri fisik (tall, short, thin, fat, long, curly), warna (red, blue, green), benda (table, chair, book, pen), dan tempat (school, park, room).
  • Memahami Struktur Kalimat (Simple Present Tense): Teks deskriptif sering menggunakan Simple Present Tense untuk menyatakan fakta atau kebiasaan. Pahami cara membentuk kalimat positif, negatif, dan tanya menggunakan Simple Present Tense (misalnya, He is tall, She has blue eyes, It runs fast).
  • Latihan Soal Berulang: Kerjakan berbagai macam contoh soal yang berkaitan dengan KD 3.8. Semakin sering berlatih, semakin Anda familiar dengan tipe-tipe soal dan cara menjawabnya.

>

6. Penutup

Penguasaan KD 3.8 merupakan langkah penting dalam perjalanan belajar Bahasa Inggris bagi siswa kelas 7. Kemampuan memahami dan mengidentifikasi informasi dari teks deskriptif akan membuka pintu bagi siswa untuk mengakses berbagai jenis informasi dan berkomunikasi lebih efektif. Dengan memahami materi, berlatih soal-soal secara teratur, dan menerapkan tips belajar yang efektif, siswa dapat mencapai hasil yang optimal dalam memahami teks deskriptif sederhana. Teruslah berlatih dan jangan pernah ragu untuk bertanya jika menemui kesulitan. Selamat belajar!

>

Share your love

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *